Instalasi Senayan Library Management System (SLiMS) di Mac OSX berikut dengan dukungan Z39.50 (Bagian 1)

Sebenernya udah lama mau nulis tutorial ini, tapi karena "kesibukan" (#eaaa) yang mendera, baru kali ini kesampean, sekalian menyambut bulan Ramadhan yang penuh barokah dan kehadiran versi SLiMS terbaru Stable15 Matoa. Berhubung saya ini juga orang sangat pelupa, maka ada baiknya sekalian saya dokumentasikan cara instalasi SLiMS di Mac OSX, kali-kali aja di kemudian hari saya lupa :D. Untuk instalasi di Mac OSX sebenernya relatif mudah, beberapa prasyarat yang harus anda penuhi adalah:

  1. Desktop MacPro, Imac, Macbook, MacbookPro atau Macbook Air! (YA IYAAALLLAH!!!).
  2. Terinstall sistem operasi OSX minimal versi 10.4 (boleh Intel atau PPC) dan ke atasnya
  3. Paket XAMPP for Mac terbaru
  4. Paket Xcode. Xcode merupakan paket development Mac OSX yang didalamnya terdapat compiler gcc, g++, make, dll. yang kita butuhkan untuk meng-compile YAZ dan PHP-YAZ. Xcode biasanya disertakan pada setiap DVD instalasi Mac OSX, atau kalo DVD instalasinya udah raib alias hilang, download aja di website resmi Apple, gratis kok.
  5. Paket SLiMS versi source (bukan psenayan/portable senayan) terbaru, misalnya pada saat tulisan ini dibuat SLiMS Stable15 (Matoa)

Untuk tutorial ini, saya menggunakan MacbookPro dengan Mac OSX versi 10.6.8 dan paket XAMPP for Mac yang saya gunakan adalah versi 1.7.3, berikut dengan paket XAMPP Dev (xampp-macosx-1.7.3-dev) dengan versi yang sama. XAMPP Dev merupakan paket tambahan opsional yang berisi file-file development header dari aplikasi-aplikasi yang terdapat di dalam XAMPP seperti PHP, MySQL, library-library, dsb.

Oke mari kita mulai proses instalasinya!

  1. Unduh (download) paket XAMPP untuk Mac di laman (website) Apachefriends. Inget ya, yang versi Mac, jangan yang versi Linux, Solaris, apalagi Winslow ehhh, Windows. Silly maybe, but guess what? ada aja orang yang salah download!
  2. Download file Universal binary dalam format .dmg yang disediakan. Jangan lupa download juga paket development-nya agar kita bisa meng-compile library YAZ dan PHP-YAZ nanti.
  3. Setelah selesai di-download, klik dua kali pada file image .dmg XAMPP untuk membuka installer-nya. Drag folder XAMPP ke folder Applications untuk menginstall.
  4. Selesai proses instalasi, sekarang giliran install paket .dmg XAMPP Dev-nya. Caranya hampir sama dengan instalasi XAMPP, buka paket .dmg-nya dan jalankan installer yang terdapat di dalamnya. Ikuti proses wizard instalasinya.
  5. Masuk ke folder Applications dan cari folder XAMPP disitu. Jalankan program "XAMPP Control". Nanti akan ada jendela aplikasi kecil yang berisi tombol untuk menjalan Apache, MySQL dan FTP. Cukup jalankan Apache dan MySQL saja, FTP server-nya engga perlu.
  6. Sekarang giliran instalasi SLiMS. Ekstrak paket SLiMS versi source yang sudah anda download dari situs resmi SLiMS, dan kemudian kopikan folder hasil ekstraksinya (misal nama foldernya s3st15_matoa) ke folder /Applications/XAMPP/htdocs/.
  7. Buka browser web favorit anda, misalnya Safari, Firefox, Chrome atau Camino dan arahkan ke URL phpMyAdmin di http://127.0.0.1/phpMyAdmin untuk membuka program manajemen database MySQL berbasis web, phpMyAdmin yang kesohor itu. By default instalasi XAMPP, phpMyAdmin bisa diakses bebas tanpa harus memasukkan username dan password.
  8. Buatlah sebuah database baru dengan nama "senayandb". Setelah database berhasil dibuat masuk ke menu tab "Import" dan pilih file "senayan.sql" yang terdapat di dalam folder "install" di source SLiMS hasil ekstraksi kita tadi. Setelah proses import berhasil maka kemudian pilih menu tab "SQL" dan jalankan perintah berikut:
    
    GRANT ALL ON senayandb.* TO 'senayanuser'@'localhost'
    IDENTIFIED BY 'password_senayanuser';
    FLUSH PRIVILEGES;
    
    
  9. Buka Tab baru pada browser web anda dan masukkan alamat: http://127.0.0.1/s3st15_matoa . VOILLAA SLiMS sudah terinstall di Mac OSX ente gan!
Okeh. Bagian 1 sampai disini dulu, besok bagian 2 dimana kita akan meng-compile YAZ dan PHP-YAZ agar fitur Z39.50 yang dahsyat itu bisa berjalan di Mac OSX, akan saya lanjutkan, selamat menggunakan SLiMS di Mac OSX anda! (Ane tunggu cendol-nya ya gan xixixiiiii)

Komentar

buitenzorg812 mengatakan…
ya elah gan, kirain masih lanjut, ngga' taunya jadi bagian kedua :(.
RND mengatakan…
Gan tutorial nyambungin ke LDAP server dong, belom ada yang posting mengenai ini deh di seluruh dunia
diero mengatakan…
Thanks bro for this tutor, part2 kapan lanjutnya yah???
aQpunya mengatakan…
waktu dijalankan di web browser emank harus nginstall SLiMS lagi ya?
tapi setelah itu kog gak bisa lancar?

di step ke-2 ada allert :
Could not create file sysconfig.local.inc.php! Please check if the sysconfig.local.inc-sample.php file is exists

itu harus di apa in ya??? makasi :D
Anggi Partabrata mengatakan…
bang arie, kalau pake slims installer bisa keinstall gak slims merantinya?
andri putra mengatakan…
saya ingin tanya soal denda, knp yang muncul sperti ini "OVERDUED for 7 days(s) with fines value 0" , padahal saya telah mendefinisikan di member_type dan di loan_rule. saya coba trace di database pada table mst_member_type dan mst_loan_rules juga sudah masuk untuk definisi dendanya. kemudian saya coba trace di source code , knpa untuk denda mereferensi ke loan_rule bukan ke member type untuk denda. terimah kasih mas ..

Postingan populer dari blog ini

PUSTAKAWAN: membuat pathfinder online menjadi lebih mudah

Instalasi library YAZ di PHP

Memanfaatkan Facades pada Framework Laravel