Instalasi library YAZ di PHP

Pada SENAYAN 3 Stable 10, saya menambahkan kemampuan untuk mengambil data melalui protokol Z39.50 pada modul Bibliography (Pengatalogan). Fitur ini memanfaatkan library PHP YAZ. YAZ sendiri adalah sebuah library untuk bahasa C yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi server dan klien protokol Z39.50/SRW/SRU. Untuk lebih lengkapnya silahkan anda arahkan browser kesayangan anda ke laman resmi YAZ. Fitur Z39.50 di SENAYAN 3 Stable 10 diharapkan akan semakin memudahkan pustakawan untuk mengambil data langsung ke database online Library of Congress yang kesohor itu. Cukup masukan nomor ISBN, tunggu proses pengambilan data selesai, apabila berhasil anda tinggal memilih data mana yang akan dimasukkan ke dalam database SENAYAN anda. Hidup pustakawan semakin mudah kalau pakai SENAYAN hehheeheee :).

Untuk yang belum mengetahui apa itu protokol Z39.50, Z39.50 adalah protokol klien server berstandar internasional (ISO 23950) untuk penelusuran dan temu kembali informasi antar komputer. Penerapan protokol ini memungkinkan beberapa institusi untuk saling bertukar data, menelusur dan menemukan kembali data (biasanya rekod bibliografis/katalog koleksi perpustakaan) dengan antar muka yang sama dan teknik penelusuran yang sama.

Untungnya pengembang YAZ juga mengembangkan extension library YAZ untuk PHP. Untuk menginstall dan mengaktifkan library YAZ di PHP caranya cukup mudah :

Windows

  1. Unduh/download versi terakhir php_yaz.dll di repositori PHP YAZ dan kopi ke folder/direktori extension PHP anda. Misal anda menginstall PHP di C:\php, maka kopi file php_yaz.dll ke direktori C:\php\ext.
  2. Unduh/download versi terakhir YAZ toolkit dan lakukan instalasi.
  3. Masuk ke direktori instalasi YAZ anda (biasanya terletak di C:\Program Files\YAZ\bin) dan kopi 4 file DLL (atau biar gampang semua file DLL juga boleh :D) yang ada di dalamnya ke direktori C:\WINDOWS\system32 dan C:\WINDOWS\system. Bisa juga apabila anda menggunakan web server Apache, kopikan semua DLL-nya YAZ ke folder bin-nya instalasi Apache.
  4. Buka file konfigurasi PHP anda (php.ini) dan tambahkan atau hilangkan tanda ;(titik koma) baris yang bertuliskan seperti ini :
    extension=php_yaz.dll
  5. Restart web server anda untuk menyelesaikan proses instalasi dan setup dan kemudian cek dengan script apakah library YAZ sudah terinstall dengan baik.

 

GNU/Linux atau varian UNIX

  1. Download source code rilis stable YAZ terbaru.
  2. Download source code rilis PHP YAZ terbaru.
  3. Pastikan compiler GCC, make, libtool dan tools development lainnya sudah terinstall di sistem anda.
  4. Buka console/terminal, ekstrak file tarball YAZ dengan menggunakan perintah tar xvzf yaz-3.0.47.tar.gz dan kemudian masuk dalam direktori hasil ekstraksi YAZ dengan perintah cd yaz-3.0.47.
  5. Jalankan perintah-perintah berikut secara berurutan :
    
    ./configure --prefix=/usr
    make
    sudo make install
    
    
  6. Ekstrak tarball PHP YAZ dengan perintah tar xvzf php-yaz-1.0.14.tar.gz dan kemudian masuk ke direktori hasil ekstraksi dengan perintah cd php-yaz-1.0.14.
  7. Pastikan anda memiliki program phpize, bila tidak silahkan lakukan instalasi melalui perintah sudo apt-get install php-dev untuk distro Debian dan turunannya atau yum install php-dev untuk distro distro turunan Red Hat. Jalankan perintah-perintah berikut secara berurutan :
    
    phpize
    ./configure --with-php-config=/usr/bin/php-config
    make
    sudo make install
    
    
  8. Buka file konfigurasi PHP anda (php.ini) dengan editor teks favorit anda dan tambahkan atau hilangkan tanda ;(titik koma) pada baris yang bertuliskan seperti ini :
    extension=yaz.so
  9. Restart service web server anda dengan menjalankan perintah service apache restart sebagai user ROOT atau kalau tidak bisa coba jalankan perintah /etc/init.d/httpd restart.
  10. Cek dengan script apakah library YAZ sudah terinstall dengan baik.

Komentar

Unknown mengatakan…
bagaimana penggunaan YAZ ini dalam Portable Senayan?
arinugraha mengatakan…
Caranya hampir sama dengan instalasi di Windows.
Sahroni mengatakan…
Saya menggunakan opensuse 11.1 dan xmpp, apakah proses install YAZ-nya sama? trm kasih.
Itanium mengatakan…
kalo buat module baru gimana caranya?
saya nyoba nambah fasilitas upload image dalam jumlah banyak (ZIP), dengan asumsi bahwa image_name-nya adalah no_barcode+".jpg"

saya udah ubah di module bibliography, saya tambah file import_image.php.

saya tambah menu di file submenu.php, indonesia.lang.inc.php tapi kok tetap gak mau keluar ya?
MasHardi mengatakan…
yum install php-dev kok gak jalan di fedora mas...

solusinya gimana?
MasHardi mengatakan…
ternyata pake yum install php-devel mas

problem solved.

makasih
Muhamad Biyal mengatakan…
mas yang php-yaz kok gk isa ya ???setelah phpize lalu perintah ./configure.... gak isa mas ??gimana ya solusinya ???
Anis Fuad mengatakan…
Mas, boleh minta emailnya.. saya mau konsultasi private... bisa.. klo bersedia hubungi saya akhiniez@yahoo.com
terima kasih
admin mengatakan…
mas saya tetep gak bisa akses Z3950-service saya download senayan3-stable12.....udah saya install YAZ tapi tetep gak bisa masuk...kira2 apa yah...4 file yang di download (file dll) tuh apa ajah yah? trus windows/win32??? apa bukan simdows/system32??..
maklum newbie mas.....n_n
Unknown mengatakan…
Salut buat tim developer Senayan.
Untuk fitur Z39.50 via php-yaz, untuk buku-buku dari penerbit di Indonesia hasil pencariannya selalu kosong.
Apa ada sumber lain, selain dari loc.gov, untuk buku-buku dari Indonesia ?
Suyadi Abu Farros mengatakan…
Good job....
Sudah saatnya Perpustakaan Nasional Indonesia membuat Z39.50 servernya, nggak dari LoC.
Aku dah punya lho... Z39.50 server.
Available for testing search.lib.ums.ac.id:9998/biblios
Unknown mengatakan…
mas kok ga bisa cra yang dikasih tau diatas yah buat instalasi YAZ di windows...tolong donk sediain sekalian php require na?...apache require na?...klo yang saya tahu butuh pecl juga kan?...


tolong dounk dikasih detail instal na....tolong ya mas...
Suryadi mengatakan…
download Yaz Toolkit for Win32 dari
http://ftp.indexdata.dk/pub/yaz/win32/yaz_4.0.3.exe (9.5 MB)
Ngadmin mengatakan…
like this pak. Thanks :D
SHARE Info .... mengatakan…
mkasih infonya,,,

http://career.gunadarma.ac.id
A.K.M. Nurul Alam (Apu) mengatakan…
z39.50 works only in XAMPP 3.7.1 version only. The latest version of XAMPP does not support YAZ. This information should be cleared.

Thanks senayan team.
Azwar Muin mengatakan…
Salam,

Sy mencoba instal yaz di Windows 7. Namun, blm berhasil. nampaknya lebih mudah instal di Ubuntu yah.

Gimana cara restart web server di Windows?
Thanks
Azwar Muin mengatakan…
Salam,

Mau nanya gimana cara restart web server di Windows? saya mencoba instal yaz di windows 7 namun belum berhasil, sepertinya krn blm direstart yah...
admin mengatakan…
ma'af pak ni sy masih kesulitan mengaktifkan z39.50 di slimsmato.sy pake xampp-win32-1.7.1. dah sy cb tutorialnya.tp tetep sj z39.50 blmbs dipake juga,mohon pencerahannya
Riezaholic mengatakan…
Mohon pencerahannya, saya pakai windows server 2008 R2 64 Bit dengan XAMPP 1.8.1, setelah mengikuti semua langkah tersebut, pada saat start apache ada error (php5.dll is missing) & warning (unable to load dynamic library) padahal saya cek di directorynya sudah ada dllnya, saya juga sudah edit PATH PHP di windows, namun tetap muncul error & warning yang sama. Kemudian saya baca di comment ternyata hanya bisa pada XAMPP versi tertentu, saya sudah ganti dengan XAMPP 1.7.1, setelah mengulangi lagi semua langkah tersebut, pada saat start apache, error & warning sudah tidak muncul, tapi tetap tidak bisa menggunakan Z39.50 >.< Tolong dibantu :) Thanks ^^

Postingan populer dari blog ini

Template Aplikasi Web CRUD Sederhana dengan CodeIgniter

An (Relatively) Easy Way for Installing Social Feed Manager on Mac OSX