Kamis, Desember 03, 2009

Workshop Nasional SENAYAN Library Management System!!!


SENAYAN DEVELOPER COMMUNITY (SDC) kembali akan ngadain Workshop Nasional SENAYAN Library Management System (SLiMS), yang tepatnya akan dilaksanakan di Hotel Paragon Jakarta (daerah Menteng, Jakarta Pusat), pada tanggal 14 – 17 Desember 2009. Pastinya karena Workshop ini diadakan selama 4 hari 3 malam full, jadi materi yang diberikan juga akan sangat banyak dan men-detail.

Workshop ini ditujukan kepada para pustakawan atau perorangan yang ingin memanfaatkan SLiMS untuk mengelola koleksi ditempat kerja. Materi workshop dirancang untuk membantu para peserta agar dapat segera mengaplikasikan SLiMS di tempat masing-masing. Dibagi dalam 10 (Sepuluh) modul dasar ditambah materi kustomisasi dan konversi data, pengetahuan dasar perpustakaan akan sangat membantu peserta memahami materi dan panduan yang di sampaikan. Dalam pelatihan, peserta akan menggunakan versi terbaru SLiMS – atau juga dikenal dengan SENAYAN 3 stable 12.

Untuk brosur pendaftaran serta surat undangan bisa di-unduh (download) di Workshop SLIMS.

Untuk anda yang ingin belajar menggunakan SENAYAN, ngoprek, nginstall SENAYAN di GNU/Linux macem Ubuntu, Fedora atau OpenSUSE, pengen belajar cara konversi data dari database ISIS, Athenaeum atau database lainnya, jangan lewatin Workshop SLiMS ini. Trainer-nya juga langsung para Developer ASELI SLiMS!!!.

11 komentar:

Andy Primawan mengatakan...

bos, gimana cara dapetin scanner barcode buat slims? please, hiks hiks

Conseptors mengatakan...

Pak Arie
Kami dari TBM http://tamanbca.guahira.com
mulai menggunakan aplikasi senayan, apakah barcode yang sudah dicetak bisa di baca dengan menggunakan mesin 'Barcode reader'. karena kami ingin penggunaan 'barcode reader'

terima kasih pak Arie.

arienugraha mengatakan...

Barcode yang dicetak dengan senayan sudah "sangat" bisa dibaca dengan Barcode Reader yang ada di pasaran :)

Fahrullah mengatakan...

Pak arie, Saya Fahrullah Staf Perpustakaan Akper Yarsi Samarinda. Kami menggunakan senayan portable, tetapi tidak mengunakan scanner barcode.
Pertanyaan saya: Bagaimana cara mengisi kode barkod untuk transaksi peminjaman (modul sirkulasi)?

Al-Misykat mengatakan...

Pak Arie, saya pake senayan dengan sistem operasi linux distro puppy linux, dengan lampp tapi dengan hiawatha server. Bisa berjalan dengan baik, tapi ada peringatan di : SERVER_ADDR yang menunjuk salah satu script di file phpnya. Oleh karena itu saya ubah sedikit (saya sama sekali tidak tahu bahasa PHP), sehingga tampilannya menjadi baik.
Trus saya remaster menjadi live CD. Hanya sekarang bingung, bagaimana cara save data kalau live CD.

Edi Puspa mengatakan...

Saya sudah cetak barcode. Tapi ketika di scan ada karakter tambahan @ dan #, contoh; @B00001#. Jadi aplikasi tidak mengenali. Gimana ini guru solusinya? Terima kasih.

alfa mengatakan...

Pak ari, kami dapat tawaran sistem informasi perpustakaan dari sebuah instansi. Kami mohon ijin apakah boleh untuk mendistribusikan kembali senayan pada keperluan proyek?.

Dana yang kami ajukan meliputi kegiatan instalasi, training, migrasi database lama serta memodifikasi untuk penyesuaian dgn kebutuhan pemakaianya.

Lalu adakah persyaratannya untuk mendistribusikan senayan mohon penjelasannya.
adakah royalti yang harus kami berikan ke senayan? terimakasih

arienugraha mengatakan...

@Fahrullah: mengisi kode barcode pada proses peminjaman bisa dengan keyboard saja tanpa harus menggunakan barcode reader.

@Al-Misykat: Bagus sekali mas mempaketkannya dalam live CD linux, hanya memang apabila dalam liveCD tidak bisa menyimpan data karena sifatnya yang read-only. solusinya adalah harus menginstallnya secara permanen dalam cd.

@Edi Puspa: barcode memang tidak menerima karakter seperti @, / , \ dan karakter aneh lainnya, karena genbarcode tidak menerima karakter seperti itu.

@alfa: silahkan memodifikasi, mendistribusikan kembali senayan dan mengambil keuntungan tanpa membayar royalti apapun, asalkan tidak mengaku-aku bahwa senayan merupakan hasil karya asli anda dan ada baiknya mencantumkan pernyataan bahwa software yang anda distribusikan berbasis senayan :)

farhan djibran mengatakan...

pak arie saya pengguna slims meranti perpustakaan kab.bonebolango gorontalo saya cuman mau tanya soal cara kerja scener bercode di senayan soalnya punya saya ngak bisa jalan scenernya bunyi tapi tdk menampilkan data

Adi Wibawa mengatakan...

Mas arie... saya baru saja implementasi slims7-cendana...

Pada tampilan anggota, saya mau cetak kartu anggota ternyata... tombol antrian untuk cetak tidak ada tetapi adanya hapus anggota... saya coba klik hapus anggota eh... kok malah masuk atrian untuk di cetak... tolong gimana cara ngubahnya... dari hapus anggota menjadi antrian anggota... terima kasih. Dapat kirim ke email : syariva2006@yahoo.co.id

Zainal Arifin mengatakan...

Pak Arie, saya, Arifin dari Perpustakaan Umum LIA, mantan peserta workshop slims8 di UI-FB, saya mau tanya tentang mencetak kartu anggota lebih dari satu orang....
Maksudnya adalah mengubah hasil cetakannya dari landscape menjadi potrait. Pada saat saya mencetak kartu lebih dari satu orang hasilnya tidak berbentuk beberapa baris (dari atas kebawah) tetapi malah berbentuk beberapa kolom (dari kiri ke kanan), mohon petunjuk dan bantuannya, trims (sip: Arifin, arel2002hf75@yahoo.co.id)