Mengatasi problem "wget" ketika mendownload di balik proxy (Ubuntu Lucid Lynx)

Beberapa waktu yang lalu saya meng-upgrade OS GNU/Linux Ubuntu Karmic Koala (9.10) di MacbookPro saya ke versi LTS terbaru, Lucid Lynx (10.04). Saya upgrade menggunakan versi alternate yang saya download dari Kambing. Semua proses berjalan lancar, Lucid terinstall dengan ciamik-nya di MacbookPro dan hampir semua tombol fungsi spesial di Mac berjalan dengan baik.

Masalah muncul ketika saya akan mendownload website untuk mirroring dengan program command-line favorit saya, wget. Kantor saya menggunakan proxy untuk koneksi Internet, sehingga untuk menjalankan perintah-perintah dari console yang menjalankan download seperti apt-get install atau apt-get update misalnya kita harus men-set environment variable http_proxy dan ftp_proxy terlebih dahulu. Pada desktop GNOME sudah disediakan aplikasi "Network Proxy" yang terletak di System->Preferences, yang memudahkan kita mengubah setting proxy jaringan. Enaknya lagi program ini mendukung multiple profile proxy yang memudahkan kita untuk menyimpan lebih dari satu setting proxy, kemudian tinggal mengubahnya sesuai dengan kebutuhan kita.

Sayangnya, pada Ubuntu Lucid Lynx, entah kenapa wget tidak terpengaruh dengan setting proxy ini, tetapi tools apt dan yang lainnya terpengaruh. Setelah berkeliling internet mencari-cari solusinya, dan akhirnya menemukan solusinya di Lauchpad, ternyata masalahnya sangat simple!!! Ternyata masalahnya ada di environment variable no_proxy yang secara "tidak sengaja" menaruh karakter "," (koma) di bagian akhir!!! PLLOOOKKKK!!! (tepok jidat)

Solusinya adalah dengan menghilangkan tanda koma di bagian akhir tersebut, dengan cara men-set ulang variable no_proxy di console: $export no_proxy=daftar-alamat-tidak-kena-proxy1,daftar-alamat-tidak-kena-proxy2,daftar-alamat-tidak-kena-proxy3 dan kemudian wget bisa berjalan dengan normal kembali seperti biasa walau ada proxy. Jangan lupa juga cek file konfigurasi wget yang terletak di "/etc/wgetrc" dan pastikan setting use_proxy=on aktif dan setting no_proxy ditulis dengan benar (bila ada).

Komentar

kholis mengatakan…
biar otomatis, tambahkan script berikut di .bashrc :
export no_proxy=$(echo $no_proxy | sed 's/,$//')
arinugraha mengatakan…
Trims berat buat snippet-nya yang sangat membantu mas kholis :)

Postingan populer dari blog ini

Template Aplikasi Web CRUD Sederhana dengan CodeIgniter

Instalasi library YAZ di PHP

An (Relatively) Easy Way for Installing Social Feed Manager on Mac OSX